Kumpulan Sejarah Biografi Terlengkap

Informasi Kumpulan sejarah biografi terlengkap, pengertian sejarah, apa itu sejarah, sejarah adalah.

LightBlog
Responsive Ads Here

Saturday, March 10, 2018

Profil Marshall Mcluhan - Filsuf / Cendikiawan Yang Memprediksi Kelahiran Internet

 Cendikiawan Yang Memprediksi Kelahiran Internet Profil Marshall McLuhan - Filsuf / Cendikiawan Yang Memprediksi Kelahiran Internet
Herbert Marshall McLuhan, CC yaitu seorang profesor, filsuf, dan intelektual publik Kanada yang populer alasannya memprediksi kelahiran internet, jauh sebelum internet itu ada.

Karyanya dipandang sebagai salah satu pilar studi teori media, serta mempunyai aplikasi mudah di industri periklanan dan televisi. Ia menempuh pendidikan di Universitas Manitoba dan Universitas Cambridge ; Dia memulai karir mengajarnya sebagai Guru Besar Bahasa Inggris di beberapa universitas di AS dan Kanada sebelum pindah ke University of Toronto, di mana beliau tinggal selama sisa hidupnya.

Pria kelahiran Edmonton, Alberta, Kanada 21 Juli 1911 ini dikenal alasannya coining verbal "media yaitu pesan" dan istilah desa global, dan untuk memprediksi World Wide Web hampir tiga puluh tahun sebelum ditemukan. Dia yaitu seorang fixture dalam wacana media di selesai tahun 1960an, meskipun pengaruhnya mulai berkurang pada awal tahun 1970an. Di tahun-tahun sesudah kematiannya, ia terus menjadi tokoh kontroversial di kalangan akademisi. Dengan kedatangan internet, bagaimanapun, minat telah diperbarui dalam pekerjaan dan perspektifnya.


Teori Desa Global

Bersamaan dengan menanjaknya popularitas televisi, pada tahun 1962 Marhsall McLuhan menerbitkan sebuah buku yang berjudul "The Gutenberg Galaxy". Dalam buku tersebut menjelaskan ihwal global village (Desa Global), yakni pembagian sejarah insan menjadi empat era. Urutannya yaitu periode akustik, literatur, produksi massal, serta elektronik.

Dalam teori itu Marshall McLuhan memprediksi bahwa dunia akan masuk ke dalam periode ke-empat, yakni periode elektronik. Era yang dimaksud mempunyai ciri khas berupa adanya komunitas atau sekumpulan orang yang berkumpul alasannya dihubungkan oleh teknologi.

Marshall McLuhan menyebutnya sebagai global village. Menurutnya ketika periode ini tiba, maka orang-orang dapat mengakses info yang sama dengan memanfaatkan teknologi.


Understanding Media

Understanding Media yaitu sebuah judul buku buku karya Marshall McLuhan sebagai kelanjutan The Gutenberg Galaxy. Buku tersebut menjelaskan bahwa di periode elektronik atau internet, metode komunikasi akan jadi sesuatu yang lebih kuat ketimbang info itu sendiri.

Pasca buku kedua ini, Marshall McLuhan menjadi sosok yang terkenal. Dia rutin tampil di siaran televisi untuk menjelaskan teorinya bahwa medium (wadah pesan) yaitu pesan itu sendiri.

Teori yang diungkap Marshall McLuhan menajadi kontroversi di kalangan akademik sepanjang 1970. Bahkan sesudah beliau meninggal pada 1980, kontroversi ini masih berlanjut. Marhsall McLuhann gres jadi sosok yang dielu-elukan ketika internet yang diprediksinya benar-benar lahir pada 1989.

Teori Marshall McLuhan lalu memberi dampak pada ajaran tokog-tokoh besar, ibarat filsuf Jean Baudrillard, ayah Perdana Menteri Kanada Pierre Elliot Trudeau, serta seniman Andy Warhol.


Jadi Google Doodle 

 Cendikiawan Yang Memprediksi Kelahiran Internet Profil Marshall McLuhan - Filsuf / Cendikiawan Yang Memprediksi Kelahiran Internet
Pada hari Jumat (21/7/2017), halaman utama Google dihiasi oleh kotak animasi warna-warni dengan wajah Marshall McLuhann di salah kotaknya. Google Doodle yang muncul ketika itu merupakan sebuah persembahan untuk merayakan hari ulang tahun Marshall McLuhan yang ke-106. Kotak animasi yang ditampilkan oleh Google Doodle itu pun melambangkan prediksi Marshall McLuhan soal kelahiran internet dalam teori global village.

Herbert Marshall McLuhan meninggal pada 31 Desember 1980 (umur 69) di Toronto, Ontario, Kanada, Amerika Serikat.


Sumber:

No comments:

Post a Comment