Kumpulan Sejarah Biografi Terlengkap

Informasi Kumpulan sejarah biografi terlengkap, pengertian sejarah, apa itu sejarah, sejarah adalah.

LightBlog
Responsive Ads Here

Sunday, November 19, 2017

Sejarah Biografi : Biografi dan Profil Sri Prakash Lohia - Raja Poliester dari Indonesia

 Jika kita melihat daftar orang terkaya di Indonesia yang dirilis oleh majalah Forbes Sejarah Biografi :  Biografi dan Profil Sri Prakash Lohia - Raja Poliester dari Indonesia
Biografiku.com - Jika kita melihat daftar orang terkaya di Indonesia yang dirilis oleh majalah Forbes, kebanyakan didominasi oleh para pengusaha yang berasal dari Tiongkok atau keturunannya. Ada juga yang berasal dari pribumi asli, namun diantara daftar tersebut terdapat nama Sri Prakash Lohia, yang merupakan pengusaha keturunan India.

Sri Prakash Lohia dikenal sebagai seorang pengusaha tekstil di Indonesia. Berkat bisnis tekstilnya membuat Sri Prakash masuk dalam 10 besar daftar orang terkaya di Indonesia. Mengenai biografi dan proofilnya, Sri Prakash Lohia lahir pada tanggal 11 agustus 1952 di India. Ayahnya berjulukan Mohan Lal Lohia seorang pengusaha garmen yang membuka usahanya di Indonesia dan ibunya berjulukan Kachan Devi Lohia. Keluarga Lohia merupakan keluarga berkecukupan.

Sri Prakash Lohia merupakan lulusan dari Universitas New Delhi dengan gelar Bachelor of Commerce. Di usia 19 tahun, ia sudah mulai terjun ke dunia bisnis membantu ayahnya dalam berbisnis garmen dan membuka usaha di Indonesia.

Pada tahun 1974, ayah Prakash mendirikan pabrik tekstil di kota Purwakarta. Mengingat tekstil merupakan kebutuhan pokok, Ia rela mengeluarkan uang sebesar US$ 10 juta dengan membuka pabrik tekstil yang menampung sekitar 2 ribu karyawan di Jawa Barat.

Tak butuh waktu lama, dalam setahun beroperasi pabrik tersebut bisa mencetak keuntungan yang fantastis bagi Sri Prakash Lohia. Namun huruf dari Sri Prakash yang tidak eksklusif berpuas diri, ia kemudian berfikir untuk membuka bisnis lain selain bisnis tekstil.

Dari Tekstil ke Industri Poliester
Bersama dengan saudaranya berjulukan Anil Prakash, mereka berdua kemudian mencoba industri di bidang petrokimia ialah bisnis serat poliester dan PET (Polyethylene Terephthalate) poliester untuk botol. Dimana industri tersebut ia mulai pada tahun 1975. Tidak banyak pengusaha yang bermain di bisnis poliester ini sehingga menjadi satu keuntungan bagi Sri Prakash Lohia alasannya ia dengan mudah bersaing dan mengontrol situasi dari bisnisnya.

Pada tahun 1992, Sri Prakash Lohia kemudian mendirikan sebuah perusahaan berjulukan Indorama Ventures. Selain itu sayap bisnisnya ia kembangkan ke bisnis polyethylene yang merupakan materi baku dari botol plastik Coca Cola, Pepsi serta Aqua botol.

 Jika kita melihat daftar orang terkaya di Indonesia yang dirilis oleh majalah Forbes Sejarah Biografi :  Biografi dan Profil Sri Prakash Lohia - Raja Poliester dari Indonesia
Tak butuh waktu lama, perusahaan Indorama Ventures yang didirikan oleh Sri Prakash Lohia kemudian berkembang pesat menjadi perusahaan pemasok polyethylene terephthalate (PET) resin terbesar di dunia.

Tentu saja, pundi-pundi uang mengalir dengan deras ke kantong Sri Prakash Lohia seiring Indorama yang maju dengan pesat pada tahun 1995. Hal ini kemudian semakin memantapkan Sri Prakash untuk berbisnis di bidang petrokimia.

Sejak tahun 1985, Sri Prakash Lohia sudah memutuskan untuk berganti kewarganegaraan dari India menjadi WNI. Meskipun pada awal ia tinggal di Indonesia, ia merasa cukup sulit karena selain kendala bahasa juga infrastruktur yang masih sangat terbatas saat itu.

Saat ini, Sri Prakash memiliki karyawan lebih dari 19 ribu orang dengan perusahaan yang tersebar di beberapa negara menyerupai Nigeria, Turki, Thailand serta Amerika. Namun ia menugaskan anak-anaknya untuk mengelola perusahaannya tersebut.

Kini perusahaan yang dimilikinya sudah menghasilkan produk-produk unggulan menyerupai PET resin, Polyethylene, Polyester, Polypropylene, sampai produk sarung tangan medis pun sudah masuk dalam produk yang diproduksi oleh Indorama Corporation.

Perusahaan miliki Lohia, kini sudah bisa ditemukan dengan mudah di banyak sekali kota besar di Indonesia, khususnya di kawasan Jakarta. Sri Prakash Lohia menikah dengan Seema Lohia. Dari pernikahannya tersebut, ia dikaruniai dua orang anak berjulukan Amit Lohia dan Shruti Hora yang juga mengikuti jejak ayahnya dalam berbisnis.

Sri Prakash Lohia sempat memperoleh penghargaan berjulukan Pravasi Bharatiya Samman Award atau Overseas Indian Award pada tahun 2012 yang diberikan eksklusif oleh presiden India. Karier seorang Sri Prakash LohiaSaat ini Sri Prakash Lohia memiliki kekayaan senilai $5.3 miliar dollar atau setara 70.6 triliun rupiah. Kekayaannya tersebut menimbulkan ia berada di posisi ke 5 dalam daftar orang terkaya di Indonesia menurut majalah Forbes.

Itulah sekilas mengenai biografi dan profil Sri Prakash Lohia salah satu orang terkaya di Indonesia yang dikenal sebagai Raja Tekstil dan poliester, Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca biografiku.com sekalian.

No comments:

Post a Comment